.

Rabu, 17 Oktober 2018

Dunia & Akhirat


Dunia & Akhirat

    Segala puja dan puji kita panjatkan kehadirat Allah yang maha kuasa atas segala sesuatu,semua kita bergantung kepadanya, semua kita mendapatkan limpahan nikmatnya yang tiada tara.
Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada nabi kita tercinta, nabi akhir zaman, manusia terbaik, tauladan terbaik kita, begitu pula kepada keluarga beliau, sahabat beliau dan orang-orang yang mengikuti mereka sampai hari kiamat.
    Saudaraku pernahkah anda melakukan perjalanan tamasya ke suatu tempat yang sangat indah,yang anda ingin bergembira riya disana, anda ingin mendapatkan ketenangan,menikmati keindahan disana.

Lalu anda berjalan menuju tempat tersebut dengan hati yang gembira, dada yang tenang, lapang, penuh dengan semangat akan mengingat begitu indahnya suatu tempat yang anda tujuh tersebut,hingga akhirnya indahnya tempat yang anda tujuh tersebut menjadikan mudah dan entengnya perjalanan anda tersebut, anda tidak terlalu perduli terhadap tempat-tempat yang anda lalui meskipun terlihat indah anda juga tidak mengambil pusing suatu tempat yang jelek lagi tidak menyenangkan anda yang telah anda lalui dikarenakan anda sadar bahwa tempat yang anda tujuh bukanlah itu.
Andapun terus berjalan dengan hati tenang dan serasa ingin sekali berada di tempat yang ada tujuh tersebut.
Sampai akhirnya anda sampai pada tujuan tempat yang anda nanti tersebut dan andapun mendapatkan kenikmatan yang indah berada disana.

Hikmah gambaran diatas :

1. Akhiratlah tempat yang sebenarnya bagi kita,yang kekal didalamnya maka jangan terlena akan indahnya dunia ini, karena dunia hanya tempat persinggahan atau hanya tempat yang kita lalui saja.

2. Hakikat hidup ini menjalankannya di dunia sampai meninggalkannya menuju akhirat.

3. Dunia suatu yang pasti akan kita tinggalkan adapun akhirat suatu yang pasti akan kita huni.

4. Saudaraku jadikanlah akhirat adalah suatu yang selalu sangat anda idam-idamkan, sehingga akan memudahkan anda dalam menjalani hidup.

5. Ketika keindahan dunia ada disekeliling anda atau ada di tangan anda maka ingatlah keindahan yang terindah yang sebenarnya adalah akhirat, sehingga akan mencegah anda dari gila dunia.

6.Ketika kesusahan, kemelaratan, kepayahan sering melanda anda didalam hidup, maka bersabarlah anda dan yakinlah, sadarlah, wahai saudaraku bahwasanya anda di dunia hanya sedang berjalan atau sekedar melintasinya menuju tempat yang terindah yang tiada kesusahan, kepayahan didalamnya, yakni surga Allah subhaanahu wa ta'ala.

7. Hidup memang tempat ujian bagi kita, maka seseorang yang mudah dalam menjalani ujian hidup ini adalah, seseorang yang selalu membesarkan akhirat didadanya serta mendamba-dambakannya, dan mengkerdilkan dunia yang ia hanya lalui tersebut.

Semoga bermanfaat untuk kita semua, mari wahai saudaraku kita betul-betul melangkah, berjalan di dunia ini dengan hati yang penuh dengan akhirat.
Jadikanlah setiap apa yang kita lakukan untuk menggapai keridhaannya serta mengharap ganjarannya.

Penulis : Ulul 'Azmi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar